Bisnis Laundry merupakan bisnis yang sekarang sedang berkembang pesat. Banyak orang yang berminat membangun bisnis ini, namun tak tau bagaimana untuk memulainya. Memang, memulai bisnis bagi seorang pemula gampang-gampang susah. Berikut ini adalah gambaran untuk memulai bisnis Laundry.
Bisnis laundry adalah bisnis yang mengandalkan jasa, sehingga berorientasi pada kepuasan pelanggan. Mendapatkan pelanggan yang loyal merupakan suatu keberhasilan bagi bisnis ini. Sebelum melakukan bisnis ini, perlu untuk melakuakn survei kecil-kecilan terhadap pangsa pasarnya seperti profesi penduduk di sekitar lokasi, umur, penghasilan rata-rata, pendidikan, dan karakteristik konsumen. Survei bisa dilakukan secara langsung atau juga berdasar data-data sekunder untuk melihat seberapa besar pangsa pasar bisnis ini, dan mencari kemungkinan untuk pengembangan.
Bisnis ini paling baik berlokasi yang berdekatan dengan kos-kosan mahasiswa, rumah sewa karyawa, salon, dan juga perumahan. Namun perlu dilihat apa saja yang menjadi kompetitor untuk bisnis ini seperti jasa cuci bulanan, laundry and dry clean. Buatlah daftar pesaing anda, selanjutnya analisa kelebihan dan kekurangannya. Dari hasil tersebut anda akan mempunyai acuan untuk mempersiapkan rencana yang matang untuk bersaing secara sehat.
Selanjutnya perencanaan promosi bisnis agar konsumen mengetahui jasa yang bisa kita berikan.
Promosi dapat dilakukan dengan cara membuat leaflet, pamflet, promosi dari mulut ke mulut, spanduk, radio, arisan,. Untuk itu,perlu ditetapkan juga nominal budget promosi, seberapa sering dan cara yang paling efektif untuk menunjang bisnis secara konsisten.
Dalam hal penentuan harga, perlu juga diamati apakah pangsa pasar yang ada berorientasi pada kualitas produk atau pada harga. Bandingkan pula dengan harga kompetitor.Penetapan harga yang terlalu rendah belum tentu baik, karena tidak semua orang perduli dengan harga yang murah selain itu keuntungan menjadi sangat tipis. Salah salah malah dibilang murahan. Lebih baik memberikan harga rata-rata yang umum dipasaran dengan kualitas baik.
Untuk rencana operasional, susunlah peralatan-peralatan dengan efektif dan seefisien mungkin, untuk menghemat waktu pengerjaan, nyaman dan enak dipandang. Sementara itu, kebutuhan peralatan dan bahan penunjang seperti mesin cuci, timbangan, pengering, setrika, listrik yang menunjang, telepon, dan bahan habis pakai lainnya perlu dibuat secara rinci. Jika perlu, tetapkan kebutuhan minimal bahan habis pakai sebelum memesan kembali ke supplier.
Rekrutlah karyawan yang kompeten serta berikan pelatihan yang memadai. Karyawan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis. Rancanglah sistem penggajian yang adil dan sesuai dengan beban kerja serta berikan bonus jika omset meningkat, karena hal ini dapat meningkatkan semangat kerja karyawan untuk memberikan pelayanan yang terbaik.
Kiat-Kiat
Bisnis laundry merupakan bisnis yang rentan dengan persaingan sehingga perlu kiat-kiat tertentu untuk menjalankan bisnis ini. Berikut ini adalah beberapa kiat yang dapat dipakai sebagai pedoman dalam menjalankan bisnis laundry.
1. Analisa
Pahami lebih detil karakteristik bisnis laundry ini. Seluk beluknya, dari air yang dibutuhkan, listrik, system bisnisnya, serta apa saja faktor yang membuat orang berkeinginan membeli jasa laundry dan termasuk harga jual.
2. Kompetitor
Pelajari kompetitor atau pesaing. Di sini kita mesti tahu tentang harga jualnya. Berapa keuntungan yang diperoleh dari harga tersebut. Tetapi yang terpenting, kita harus mendata hari-hari ramai pengunjung dan sepi pengunjung. Bahkan, jika dimungkinkan anda perlu mencari tahu jumlah karyawan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini. Supaya Anda bisa dengan mudah melakukan hal yang kurang lebih sama dengan pesaing Anda.
3. Promosi
Buatlah promosi yang menarik agar para pelanggan penasaran dan datang ke laundry anda, sebar seluas-luasnya brand laundry anda. Setelahnya berikan layanan yang memuaskan agar para pelanggan tidak kabur.
4. Partner
Apabila anda ragu untuk memulai bisnis anda, carilah partner yang berpengalaman dibidang ini untuk berkolaborasi dengan anda dalam menjalankan bisnis ini. karena angka keberhasilan pastinya lebih tinggi karena menjalin kerjasama dengan partner yang sudah berpengalaman dibidangnya.
5. Jujur dan kesabaran
Sabar dan Jujur adalah kunci sukses sebuah usaha. Dua hal itu, akan menjadi salah satu sebab sebuah bisnis berumur panjang. Namun, dua hal itu juga membutuhkan ketekunan . Karena sikap pantang menyerah, dan selalu berusaha sangat menentukan keberhasilan sebuah usaha. Sabar, bukan hanya sabar menunggu datangnya pelanggan tetapi sebuah usaha juga dibutuhkan, kesabaran dalam mengelola, mempromosikan, menghadapi konsumen dan lain sebagainya. (dari berbagai sumber)